Thursday, 10 June 2010

Lingkungan kerja yang kondusif bukan hanya diciptakan melalui sistem dan struktur, tetapi juga melalui nilai-nilai perusahaan yang membentuk karakter warga ASTRA. Dalam rangka menumbuhkan karakter untuk menjadi knowledge worker bagi seluruh warga, ASTRA telah menempatkan nilai-nilai pengetahuan dalam CATUR DHARMA (nilai-nilai perusahaan), yaitu:

1. Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara

2. Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan

3. Saling menghargai dan membina kerjasama

4. Berusaha mencapai yang terbaik

Dharma ke-3 : Saling menghargai dan membina kerjasama, menjabarkan; ‘Karyawan adalah asset paling berharga dari perusahaan, kompetensi dan karakter mereka harus dikelola dan dikembangkan dengan baik.’

Pengembangan sumber daya manusia ini sudah merupakan bagian dari strategi ASTRA. Dan kini ASTRA focus membangun dan mengelola sumber daya manusia berbasis pengetahuan, yang disebut Astra Human Capital Management System (AHCM).

Para pimpinan sendiri diwajibkan terlibat dalam membangun dan mengelola perilaku enterprise knowledge. Keterlibatan mereka antara lain, dalam:

· Coporate Events : ASTRA Awards, Pride In Performance Awards, InnoVASTRA – sebelumnya dikenal sebagai Astra Quality Convention Awards, Astra Friendly Company Awards, dan ASTRA Green Company Awards.

· Melembagakan tacit knowledge menjadi explicit knowledge dengan : Executive Business Sharing yang melibatkan para ahli sebagai nara sumber (misalnya dengan menjadi fasilitator pelatihan, juri, mentor, dan sebagainya).

0 comments:

Post a Comment