Thursday, 10 June 2010

Knowledge Approach

ASTRA berusaha meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan organisasi (enterprise knowledge) secara keseluruhan. Untuk itu, Corporate Functions ASTRA secara berkesinambungan memfasilitasi dan menyelenggarakan berbagai inisiatif guna mengembangkan pengetahuan, mulai dari pimpinan puncak hingga frontliners di seluruh anak perusahaan di grup ASTRA.

Dalam mengembangkan sumber daya manusia, ASTRA berusaha membangun dan memberi pelatihan kepada karyawan dalam mendorong penciptaan pengetahuan (idea generation) dan inovasi. Dalam hal ini, ASTRA melakukannya dengan membangun landasan kompetensi inovasi melalui:

Mengorganisasi pelatihan Value Innovation Exploration untuk para eksekutif.
  • Quality Improvement Programs dan Projects bagi para staff.
  • Quality Improvement Team Development Programs, seperti: QCC, QCP, Six Sigma DMAIC, dan Blue Ocean Strategy untuk Managers.
  • Business Idea & Innovation Competition

Keberhasilan knowledge creation and innovation diukur secara regular dengan menggunakan berbagai ukuran, antara lain: Jumlah produk/jasa baru diciptakan dalam satu periode.

Untuk mengelola proses transfer pengetahuan dan idea-idea ke ‘points of actions’, dilakukan:
  • Best practices clearing house, yaitu pendokumentasian pengetahuan dan best practices ke dalam format yang bisa diakses semua karyawan.
  • Mengimplementasikan action learning system, yang dilakukan dalam tiga fase: pre-activity (aktivitas sebelum pelatihan), in class training dan post activity (aktivitas sesudah pelatihan).
  • Menyebarkan best-practices ke seluruh anak perusahaan dari Grup ASTRA untuk diterapkan.
  • Memberi penghargaan bagi innovator, yang terdiri dari berbagai penghargaan, antara lain: pemberian penghargaan di ASTRA Quality Convention Day, Business Idea Competition Idea, dan Business Innovation Competition (BIC Innovation).
  • Memberi penghargaan kepada best performing company, yakni ASTRA Award sebagai kesempatan kompetisi & pembelajaran lintas organisasi di dalam Grup ASTRA.

0 comments:

Post a Comment