Thursday, 10 June 2010

ASTRA menyadari pentingnya berinovasi dengan menciptakan produk baru yang inovatif untuk dapat memenangkan persaingan global. Dan ASTRA ingin menjadikan ini sebagai bagian dari budaya mereka.

Untuk menumbuhkan semangat dan motivasi karyawan agar terus melakukan inovasi, beberapa inisiatif dilakukan, antara lain: Memodelkan InnovAstra Framework yang menggambarkan konsep dan keterkaitan antara Astra Awards, InnovAstra Awards, innovations process, dan executive development programs. Selain itu, ASTRA juga kerap melakukan promosi dari pengembangan produk / jasa / solusi baru, dengan memfasilitasi inisiatif Business Performance Improvement (sebagai bagian dari ASTRA Quality Convention) dan mengambil bagian dalam parent-company’s business performance improvement competition, yakni Jardine’s Pride in Performance.

Untuk mengembangkan produk yang dapat memberi nilai tinggi bagi para pelanggan, ASTRA melibatkan pelanggan dan supplier dalam pengembangan produk-produk mereka. Berbagai inisiatif dilakukan dalam hal ini, yaitu:

· Menghimpun pengetahuan pelanggan dari berbagai saluran, seperti: face-to-face interaction (seperti focus group discussion dan customer gathering), phone call (inbound dan outbound), SMS, Website, dan e-mail.

· Melakukan data mining dan menganalisanya untuk dapat memahami perilaku pelanggan, termasuk jasa servis dan perilaku pelanggan dalam pembelian kendaraan baru.

· Melakukan survey secara periodik untuk mengukur kepuasan pelanggan. Survey ini dilakukan untuk setiap produk/jasa.

· Melakukan focus group discussion untuk mempelajari tren baru dari pelanggan yang muncul akibat perubahan gaya hidup dan perkembangan teknologi.

· Membentuk divisi Strategic Sourcing Partnership (SSP) dengan fungsi sebagai Corporate Shared Service untuk memelihara hubungan dengan para supplier.

· Memfasilitasi dan mengarahkan supplier, agar mereka dapat menyelaraskan kebijakan bisnis mereka sesuai asaa Good Corporate Governance.

· Mendesain vendor Management System dan Sourcing Guideline sebagai bagian dari Knowledge Management System.

Kegiatan mengelola produk dan jasa berbasis pengetahuan ini ditunjang oleh kegiatan-kegiatan seperti: Corporate Customer Service Forum (yang membahas perihal Service Excellence Model), Structured Improvement and Innovation Programs (yang meliputi a.l.: Shared Services, Quality Control Circle, Quality Control Projects, dan Productivity Improvement).

0 comments:

Post a Comment