Monday, 24 May 2010

Mungkinkah semua proses pendukung di dalam value chain di outsourcing?

Menurut artikel popular ilmu computer.com, jawabannya, jelas sangat mungkin. Teori outsourcing mengatakan bahwa sebuah prusahaan hanya boleh melakukan outsourcing untuk aspek operasional saja, dan jangan melakukan outsourcing pada aspek stratejik. Sebuah Bank boleh saja melakukan outsourcing untuk operasional mesin ATM, atau sebuah perusahaan penerbangan bisa saja melakukan outsourcing untuk operasional reservasi tiket melalui sistem computer Galileo, SITA-Gabriel, dan sebagainya, tetapi tidak mungkin dia melakukan outsourcing untuk aspek stratejik di bidang teknologi informasi, seperti arsitektur sistem informasi perusahaan secara keseluruhan, rencana stratejik utilisasi teknologi informasi untuk penciptaan value bagi pelanggan dan sebagainya. Ini mirip dengan tentara legiun asing di Perancis di masa lampau, di mana tentaranya boleh orang asing, tetapi komandannya tetap orang Perancis.

0 comments:

Post a Comment